Minggu, 08 September 2019

Laporan kunjungan lapang


LAPORAN KUNJUNGAN LAPANG
AGROWISATA KUSUMA
BATU MALANG




Dosen Pengampu:
Dessy Putri Andini, SE.,MM
Berlina Yudha Pratiwi, SE.,MSA,AK

Di Susun Oleh:

Suchmawati  Devy Harywan (D42172373)
Lelly Rahayu (D42172374)
Fathur Ain (D42172375)
Linda Aviva (D42172380)

PROGAM STUDI AKUNTANSI SEKTOR PUBLIK
JURUSAN MANAJEMEN AGRIBISNIS
POLITEKNIK NEGERI JEMBER
2018

KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis ucapkan kehadirat Allah SWT karena berkat rahmat dan  hidayah-Nya sehingga penulisan LAPORAN KUNJUNGAN LAPANG  ini dapat diselesaikan tepat pada waktunya. Adapun judul dari tugas laporan ini “Laporan kunjungan lapang Agrowisata Kusuma ” yang merupakan salah satu tugas dari mata kuliah Pendidikan Anti Korupsi di Program Studi D-IV Akuntasi Sektor Publik Jurusan Manajamen Agribisnis.
Penulis berharap tugas ini dapat digunakan sebagai awal pembelajaran dan  memberi manfaat serta menambah wawasan bagi kita semua. Penulis menyadari bahwa isi maupun penyajian tugas makalah ini masih jauh dari sempurna, untuk itu penulis mengharapkan adanya kritik dan saran sebagai penyempurna tugas makalah  ini demi perbaikan menuju arah yang lebih baik.


Jember, 20 Dessember 2018

                                                                                                      
                                                                                                         penulis
                                                                                                                                   













DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR............................................................................................ i
DAFTAR ISI........................................................................................................... ii
BAB 1 PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang.................................................................................... 1
1.2 Rumusan Masalah................................................................................ 2
1.3 Tujuan.................................................................................................. 2
1.4 Manfaat............................................................................................... 3
1.5 Waktu dan tempat............................................................................... 3           
BAB II LANDASAN TEORI
2.1 Teori kusuma Agrowisata.................................................................... 4
2.2 Macam- macam produk ...................................................................... 4
BAB III PEMBAHASAN
3.1 Sejarah................................................................................................. 6
3.2 Lokasi.................................................................................................. 6
3.3 Wisata.................................................................................................. 6
BAB VI PENUTUP
4.1 Kesimpulan............................................................................................ 8
4.2 Saran...................................................................................................... 8
DAFTAR PUSTAKA............................................................................................... 9
LAMPIRAN.............................................................................................................. 10
















BAB 1
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang

     Kebun dan Pabrik Teh Wonosari berada di lereng Gunung Arjuno di desa Wonosari Kecamatan Singosari, Kabupaten Lawang dengan ketinggian 950-1.250 meter dari permukaan laut. Kebun dan Pabrik Teh Wonosari merupakan agrobisnis dan agrowisata yang dapat menambah devisa negara. Kebun teh Wonosari ini berdiri pada tahun 1878 yang dikelola oleh perusahaan asing dari Belanda NV Cultur Maatshappij, kemudian di awal tahun 1910 sampai 1942 kebun ini ditanami teh dan kina. Tetapi pada jaman Jepang sebagian tanaman teh diganti dengan tanaman pangan, seperti umbi singkong dan sejenisnya. Pada tahun 1945 kebun ini diambil alih oleh Negara Indonesia dan pada tahun 1950 tanaman kina diganti dengan tanaman teh. PT. Perkebunan Nusantara XII (Persero), yang selanjutnya disebut PTPN XII ini adalah perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dengan status Perseroan Terbatas yang keseluruhan sahamnya dimiliki oleh pemerintah Republik Indonesia. Kebun Teh Wonosari ini menghasilkan jenis teh hitam yang 90% hasil produksinya ditujukan untuk ekspor menggunakan sistem auction (lelang) dengan Negara tujuan seperti Amerika, Malaysia, Belanda, Kanada, Pakistan, Irak, Aljazair, Jerman, Perancis, Mesir, Korea, Swiss, Inggris, Rusia, New Zealand, Australia, dan Mongolia. Sisanya dipasarkan di dalam negeri, dengan merk sendiri (Rolas Tea Celup dan Seduh, serta Rolas White Tea) dan juga dipasarkan secara bebas (free sale), misalnya kepada produsen teh Sariwangi, Sosro dan lain-lain. Pada awalnya perusahaan ini mampu memproduksi hingga 17 ton per hari, namun sekarang hanya mampu ± 23 ton per hari.
Permintaan yang terus menerus membuat perusahaan dituntut untuk menjadi perusahaan yang berkompeten dalam bidangnya. Permasalahan yang terjadi saat ini adalah tidak tercapainya target produksi yang telah ditentukan oleh pihak perusahaan. Tidak tercapainya target produksi tersebut dapat diakibatkan oleh adanya proses rework yang terjadi pada proses sortasi teh, adanya inventory 2 di gudang atau di dalam teabin (penyimpanan sementara pada peti miring) yang terlalu lama yang mengakibatkan kualitas teh turun dan perusahaan merubah mutu menjadi mutu lokal, dan pada akhirnya target perusahaan untuk mutu 1 dan mutu 2 tidak terpenuhi. Dalam meminimasi hal tersebut apabila dilakukan dengan cara yang kurang tepat dapat menyebabkan naiknya biaya yang pada akhirnya akan dibebankan pada konsum teh dengan kualitas mutu en dan membuat perusahaan kehilangan pelanggan akibat menaikkan harga jual produk yang tinggi.
 Upaya mengeliminasi hal tersebut diyakini mampu menstimulasi keunggulan bersaing perusahaan terutama pada peningkatan produk. Peningkatan produk terjadi bila adanya perampingan operasi yang dapat mengidentifikasi lebih dini waste dan masalah kualitas yang akan terjadi ke depannya. Cahyanti, Dkk (2012) melakukan penelitian di PT. Berlina Tbk Pandaan dengan menggunakan pendekatan Lean Six Sigma terhadap proses produksi botol X. Metode yang digunakan dalam penelitian tersebut adalah metode lean six sigma yang digunakan untuk meminimasi kegiatan yang tidak bernilai tambah. Dengan pendekatan lean, ditunjukkan agar dapat menurunkan kegiatan yang tidak bernilai tambah yang terjadi di perusahaan. Sedangkan pendekatan six sigma dapat menurunkan variasi proses dan peningkatan kualitas produk. Oleh karena itu dalam penelitian Skripsi ini digunakan suatu metode yaitu pendekatan lean six sigma yang diharapkan dapat meminimasi kegiatan yang tidak bernilai tambah dan menurunkan variasi proses dan peningkatan produk yang terjadi pada proses pengolahan teh hitam di PT. Perkebunan Nusantara XII (Persero) Kebun Wonosari Lawang.

1.2  Rumusan Masalah
Perumusan  masalah yang akan diselesaikan dalam penelitian kunjungan lapang ini adalah;
1.Bagaimana sejarah tentang berdirinya kusuma Agrowisata?
2. Dimana lokasi kusuma Agrowisata?
3. Bagaimana spesifikasi wisata kusuma Agrowisata?

1.3  Tujuan
1.Untuk mengetahui sejarah tentang berdirinya kusuma Agrowisata?
2. Untuk mengetahui lokasi kusuma Agrowisata?
3. Untuk mengetahui spesifikasi wisata kusuma Agrowisata?

.



1.4.Manfaat kunjungan lapang
1. Dapat mengetahui sejarah berdirinya kusuma Agrowisata.
2. Dapat mengetahui produk siiplah.
3. Dapat mengetahui perkembangan  kusuma Agrowisata.
4. Dapat mengetahui spesifikasi  kusuma Agrowisata.

1.5 Waktu dan tempat
         Kunjungan industry ini dilaksanakan pada tanggal 13 Desember 2018 di Kusuma Agrowisata kota Batu .


.
















BAB II
LANDASAN TEORI
2.1 Teori Tentang Kusuma Agrowisata dan Agroindustri Batu Malang
Kusuma Agrowisata adalah hotel sekaligus wisata agro yang berada hanya 2,5 km arah barat daya dari pusat Kota Batu, tepatnya di Jalan Abdul Gani Atas, Desa Sisir.Kusuma Agrowisata merupakan salah satu pelopor Wisata Agro di Indonesia yang berdiri sejak tahun 1991 dan satu-satunya wisata agro yang berfasilitas hotel.Letaknya pada ketinggian 1.500 meter dari permukaan laut sehingga berudara sejuk khas dataran tinggi. Dingin dan sejuknya hawa di sini akan langsung menyambut Anda.
Kegiatan agrowisata yang sangat populer di Kusuma Agrowisata adalah merasakan memetik buah langsung di perkebunan. Mulai dari layanan wisata petik apel, jeruk,jambu merah, buah naga, strawberry, dan sayur hidroponik yang bebas pestisida.Kusuma Agrowisata memiliki berbagai macam paket wisata yang masing-masing memiliki fasilitas dan harga berbeda-beda. Paket-paket itu mulai dari hanya memetikdua jenis buah sampai dengan paket memetik semua buah yang ada di Kusuma Agro.Paket wisata itu sudah termasuk tiket untuk masuk ke kebun, memetik apel, jeruk,atau strawberry, dan aneka makanan serta minuman.
Pihak pengelola juga membangun industri minuman yang berbasis buah-buahan yang dihasilkan dari kebun sendiri. Kusuma Agro Industri dibangun pada tahun 2000 sebagai home industry dengan bahan utama buah apel. Pada awalnya memproduksi Sari Apel, Jenang Apel, Wingko Apel, Selai Apel dan Brem Apel. Sejak tahun 2002, mulai menggunakan peralatan semi modern dengan menggunakan boiler.
Macam-macam produk Kusuma Agroindustri
a.     Siiplah 120 ml
Per karton berisi 32 pcs, Tersedia 8 pilihan Sari Buah, yaitu Sari Buah
Apel Anggur, Apel Leci, Apel Mangga, Apel Markisa, Apel (original)
dan Jambu Merah
b.     Siiplah 200 ml
Per Karton 24 pcs, Tersedia 5 Pilihan Sari Buah, Yaitu Sari Buah :
Apel, Apel Leci, Apel Mangga, Jambu, Sirsak
c.     Siiplah 300 ml
Per Karton 24 pcs, Tersedia 7 Pilihan Sari Buah, Yaitu Sari Buah :
Apel, Leci, Jambu, Sirsak, Apel Mangga, Jeruk
d.     Kusuma Botol 500 ml
Per karton berisi 24 pcs, Tersedia 6 pilihan sari buah Apel, Jambu
Biji, Sirsak, Strawberry, Jeruk
e.     Kusuma "Klasik" 220 ml
        Per karton berisi 24 pcs, Tersedia 3 pilihan Sari Buah, yaitu Sari
        Apel, Sirsak dan Jambu
f.       Sari Buah ukuran galon 5000 ml
Per karton berisi 4 pcs, Tersedia 6 Pilihan Sari Buah Apel, Apel Leci,
Jambu Biji, Sirsak, Strawberry, dan Jeruk
g.     Jenang Apel 200 gr
Per karton berisi 60 pcs, Pilihan Jenang Apel Manalagi (hijau) dan
Jenang Apel Rome Beauty (merah)
h.     Selai Strawberry 275 gr
         Per karton berisi 24 pcs,
i.       Cuka Apel 300 ml
        Per karton berisi 6 pcs,







BAB III
PEMBAHASAN
3.1 Sejarah Berdirinya Kusuma Agrowisata
Ir. Edi Antoro yang dulunya merupakan pekerja di perusahaan perkebunan, pada tahun 1989 memutuskan untuk berhenti bekerja dan membuka kebun apel seluas 4 Ha di daerah Batu sebelah selatan Kusuma Agrowisata mulanya memproduksi sari apel, jenang apel, wingko apel, brem apel dan selai apel. Mulai tahun 2002 digunakan peralatan semi modern dengan menggunakan boiler.
3.2 Lokasi Kusuma Agrowisata
Kusuma Agrowisata terletak di Jl. Abdul Gani Atas Kota Batu, Malang Jawa Timur. Lokasi Area wisatanya terletak pada ketinggian ±1000 meter dari permukaan laut dan berudara sejuk, sehingga sangat cocok ditanami buah-buahan dan membuat pengunjung menjadi lebih betah berwisata disana.
3.3 Kunjungan Wisata
Wisata kebun Apel
Untuk harga tiket masuk sangatlah berfariasi, karena banyak penyedia jasa
disepanjang jalan menuju lokasi, jika anda pergi ke kusuma agrowisata sendiri yang
dimiliki oleh permerintah batu malang itu seharga Rp. 80.000 per orang namun jika
anda pergi ke jasa wisata itu seharga Rp. 25.000 – 30.000 per orang atau perkepala.
agrowisata yang dikelola pemerintah kota wisata batu malang dan jasa petik apel
yang disediakan oleh petani sendiri yakni ketika anda memasuki areal perkebunan
apel anda boleh makan sepuasnya dan boleh membawa keluar dari kebun 2 biji apel
saja, ketika lebih dari 2 biji maka dikenakan tarif biaya perkilo, selain itu anda akan
juga di suguhi minuman exstrak apel khas oleh oleh batu malang yang di kelola oleh
masyarakat kota batu. untuk jam buka petik apel dari jam 07.00 pagi hari sampai jam
04.00 sore hari.
Pabrik “Siiplah”
Setelah dari kebun Apel , kami diajak mengunjungi Pabrik Pengolahan Sari
Buah (Siiplah) mereka memperoleh buah dari kebunnya sendiri yang ada disekitar
pabrik. Di pabrik itu sudah menggunakan peralatan modern, semua proses pengolahan
sampai pengemasan dilakukan oleh mesin secara otomatis dan masih menggunakan
tenaga kerja manusia






















BAB IV
PENUTUP
4.1.Kesimpulan
           Kusuma Agrowisata ini di dirikan oleh lr. Edi Antoro pada tahun 1991 JL. Abdul Gani atas kota Batu, Malang Jawa Timur. Disini kami di pandu dan dilayani sangat baik, baik segi pemandu wisata maupun segi pelayanan. Kami disini mendapatkan ilmu baru dan pengalaman baru. Pabrik siiplah yang memiliki aneka minuman yang terbuat dari sari apel dan jus buah asli, seperti jus jambu. Dengan adanya perkebunan dengan menawarkan layanan petik apel, jeruk, jambu merah dll. 

4.2. Saran
       Kami berharap lebih ditingkatkan pelayanan yang sesuai yang semestinya. Selalu di tingkatkan wisata dan aneka layanan lain. Memberikan kepuasan lebih bagi pengunjung. Kami berharap harga makanan dan minuman tidak terlalu mahal.

















DAFTAR PUSTAKA
























LAMPIRAN

                       

                  

                  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BAHASA INGGRIS BINATANG

ANIMAL Bison = Banteng Cat = Kucing Frog = Katak Fly = lalat Cricket = Jangkrik Shrimp = Udang Porcupine = Landak Dolphin = Lumba-...